Kamis, 25 November 2010

Jukung Hias



Sejak dulu ketika kita berbicara tentang banjar maka salah satu keunikan yg mencuat adalah dengan sungai – sungainya. Kebanyakan orang – orang banjar menghabiskan waktunya di sungai, maka dari itu Banjarmasin di kenal sebagai “kota seribu sungai”.

Festival jukung hias ini bertujuan untuk memperingati hari jadi kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Salah satu bentuk upaya melestarikan budaya Banjar adalah dengan diselenggarakannya Festival Jukung Hias dan Tanglong yang diselenggarakan setiap tahun. Festival jukung hias ini diadakan di atas genangan sungai Martapura. Dalam festival jukung hias ini peserta di anjurkan menghias jukungnya seindah mungkin dengan berbagai ornamen dan bentuk yang menarik seperti kepala naga, replika rumah Banjar, replika jembatan barito dan lain – lain yang dipadukan 



dengan lampu-lampu hias (tanglong) warna warni. Dan tidak lupa para peserta yang berada diatas Jukung atau perahu, juga diwajibkan mengenakan pakaian khas Banjar. sayangnya banyak peserta yg melanggar aturan dan langsung dinyatakan gugur oleh para juri. Para peserta yang mengikuti festival ini datang dari berbagai kota di Kalimantan Selatan.

Penilaian terhadap peserta dilaksanakan 2 kali yaitu siang dan malam hari. Siang hari jukung – jukung itu dinilai dari keindahan bentuk dan hiasannya, tidak jarang para peserta itu juga menampilkan kesenian khas banjar untuk lebih menarik perhatian para jurinya.

Pada malam hari peserta juga dinilai dari keindahan tanglong (lampu hias) yang dipasang dijukung para peserta. Suasana semarak kemilau warna-warni dari jukung-jukung tersebut juga akan terpantul ke permukaan Sungai Martapura yang mengalun tenang pada malam hari. Pada saat itu, warga Banjarmasin seakan berhamburan dan memadati tepian sungai Martapura untuk menyaksikan pemandangan yang indah dan jarang ini. Tepatnya disekitar Jalan Lambung Mangkurat depan Masjid Raya Sabilal Mutadin, Banjarmasin.
Festival ini adalah Salah satu bentuk upaya melestarikan budaya Banjar. Sumber http://ahom168.blogspot.com
Klik di sini

Lihat juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...