Sabtu, 13 November 2010

Misteri Danau Undan

Danau Undan terletak di Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong tepatnya di desa Talan. Menurut masyarakat yang bermukim di desa Talan ini, terdapat suatu kepercayaan terhadap Danau Undan yang diyakini mempunyai kekeramatan dan kekuatan gaib yang dapat mendatangkan keberuntungan. Sebagian masyarakat Desa Talan juga menganggap bahwa Danau Undan itu ada penghuninya, yang mereka anggap
nenek moyang mereka yang dapat memberikan pertolongan serta memiliki apuah dan kekeramatan yang didatangkan dari kesaktian Pangeran Suryanata. Sehingga hajat (nazar) yang diinginkan dapat terwujud.
Danau Undan ini dari beberapa sumber dari masyarakat setempat. yang menurut cerita sangat angker. Danau ini banyak dihuni buaya dan ular besar, ditambah ada pohon besar yang tumbuh ditengah danau ini suka pindah-pindah, dan seringnya orang tersesat dan akhirnya meninggal disekitar danau. Juga menurut cerita mereka pernah kejadian orang ditelan binatang beserta perahunya, entah itu ditelan buaya apa ular besar, sehingga tidak jauh dari danau itu ada kampung yang bernama Talan( talan dalam bahasa Banjar yang artinya telan ). Danau undan ini ada beberapa buah, mulai dari undan 1 sampai undan 7, masing-masing danau akan terhubung bila musim hujan atau air pasang, cuma kalo lagi kemarau masing-masing danau tidak terhubung kecuali danau undan kecil dan undan besar. Selain buaya dan ular besar, danau ini banyak dihuni beberapa spesies ikan seperti ikan kapar , ikan patung, ikan karandang, ikan haruan, ikan kiyong, ikan tauman, ikan pipih, ikan tapah, dan lain-lain.
Satu hal lagi yang harus dihindari kalau ada di danau ini tidak boleh ngomong yang sembarangan katanya.
Selain itu, ternyata ada anak sungai yang bisa tembus ke desa Talan , hanya bisa dilewati kalo musim banjir aja dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan mengayuh jukung (sampan) tersebut dari desa.
Danau undan yang sebenarrnya saat ini memang sangat menjajikan untuk melepas rindu memancing, seluruh tepian danau ditumbui pohon bakung atau pandan warik (sejenis pandan dengan daun lebar). Danaunya tenang airnya coklat kehitaman dan cukup dalam, untuk tepinya saja saya coba ukur 6 m masih belum kedasar, untuk tenggakan ikan disana sini cukup ramai, saya yakin banyak ikannya. Dan kalau tidak menggunakan jukung (sampan) mancing disana sangat kesulitan, Hampir semua tepi tertutup tumbuhan pandan, sekitar danau juga rawa semua hampir tidak ada tempat untuk berpijak.

Lihat juga :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...